Sabtu, 21 September 2019
» Berita Mahkamah Syar'iyah Meulaboh » Kunjungan Tim Mahkamah Agung dan Tim EU-UNDP SUSTAIN ke MS Meulaboh
Kunjungan Tim Mahkamah Agung dan Tim EU-UNDP SUSTAIN ke MS Meulaboh

img_3904Mahkamah Syar’iyah Meulaboh termasuk dalam 4 Pengadilan Agama tingkat pertama yang akan dikunjungi oleh tim dari Mahkamah Agung dan UNDP SUSTAIN untuk menganalisa beban kerja hakim dan wawancara kepada  para Hakim di MS Meulaboh terkait dengan penanganan perkara baik perdata maupun perkara Jinayat yang menjadi kewenangan khusus Mahkamah Syar’iyah di Aceh. Adapun pelaksanaannya dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 4 Oktober 2016 sesuai denga surat Dirjen Badilag nomor 1859.a/DjA/HM.02.1/08/2016 tanggal 29 Agustus 2016.

Tim tersebut terdiri dari 4 orang yaitu Rosalia Puspa Kesumawati, Sugeng, Wikan Santoso dengan hakim pendamping Djulia Herjanara dari Pengadilan Agama Padeglang. Tim tersebut merupakan salah satu Badan dibawah PBB untuk reformasi hukum dan peradilan di Indonesia dan Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi fokus badan tersebut.

Adapun proses wawancara dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 20.00  dimulai oleh Drs. H. Juwaini, S.H., MH selaku Ketua MS Meulaboh yang diwawancarai, dilanjutkan dengan 2  (dua) orang hakim yang ada di MS Meulaboh yaitu Hasanuddin, S.H.I dan Achmad Fikri Oslami, S.H.I., M.H.I.

img_3934-tile

Adapun materi wawancara berkaitan dengan beban kerja hakim dalam pelaksanaan pemeriksaan perkara dimulai dengan penerimaan berkas hingga minutasi, tim tersebut mewawancarai terkait waktu setiap penyelesaian perkara hingga minutasi dan akhirnya akan diperoleh beban kerja yang ideal dan jumlah hakim yang ideal di setiap Pengadilan dengan jumlah perkara yang ada pada Pengadilan tersebut, sehingga tidak akan terjadi lagi penumpukan hakim di satu Pengadilan dan kekurangan hakim di Pengadilan lainnya.

img_3922

Selain perkara perdata, Mahkamah Syar’iyah Meulaboh terpilih menjadi satu-satunya Mahkamah Syar’iyah tingkat pertama di Aceh yang menjadi obyek analisa beban kerja terkait dengan kewenangan khusus penanganan perkara Jinayat yang berbeda dengan Pengadilan Agama lainnya di Indonesia. (fikri Oslami)

Terimakasih telah membaca Berita Mahkamah Syar'iyah Meulaboh - Kunjungan Tim Mahkamah Agung dan Tim EU-UNDP SUSTAIN ke MS Meulaboh. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1B Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti