Selasa, 19 November 2019
» Berita Mahkamah Syar'iyah Meulaboh » Sidang Keliling MS Meulaboh Periode ketiga dilaksanakan di Kecamatan Pante Ceuremen, Aceh Barat
Sidang Keliling MS Meulaboh Periode ketiga dilaksanakan di Kecamatan Pante Ceuremen, Aceh Barat

isbat1Sidang keliling merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki oleh Mahkamah Agung, dalam hal ini Direktorat Jenderal Peradilan Agama RI untuk mempermudan masyarakat pencari keadilan yang wilayahnya cukup jauh dari kantor Pengadilan/Mahkamah setempat. Maka daripada itu Mahkamah Syar’iyah Meulaboh yang membawahi 2 (dua) Kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya, mengadakan sidang keliling untuk ketiga kalinya, yang kali ini dilaksanakan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Rombongan berangkat dari Mahkamah Syar’iyah Meulabih sekitar pukul 09.00 WIB setelah sebelumnya menerima kunjungan terlebih dahulu dari Tim PUSLITBANGKUMDIL Mahkamah Agung RI untuk meneliti tentang perkara Jinayat. Perjalanan menuju lokasi sidang keliling sekitar satu jam lamanya dengan kondisi jalan yang cukup jelek, karena beberapa jalan terputus akibat banjir bandang, namun demi melakukan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat tidak memutus semangat para hakim, panitera dan staf untuk melaksanakan sidang keliling tersebut.

isbt2

Dra. ANB Muthmainah WH selaku Ketua MS Meulaboh mengatakan bahwa program sidang keliling sangat membantu masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya, apalagi kedua Kabupaten ini termasuk Kabupaten yang cukup luas di Aceh, sehingga kasihan apabila masyarakat yang jarak rumahnya jauh dari MS meulaboh harus bersidang ke Meulaboh. Dalam sidang keliling kali ini beliau mengatakan dilaksanakan oleh 2 (dua) Majelis sekaligus, yaitu Majelis A dan Majelis B dengan jumlah perkara yang disidangkan sebanyak 59 (lima puluh sembilan) perkara yang kesemuanya adalah isbat nikah, adapun Majelis A dengan Ketua Majelis Dra. ANB. Muthmainah WH, Hasanuddin, S.H.I dan Achmad Fikri Oslami, S.H.I, M.H.I dengan panitera pengganti Abd. Muthalib, S.Ag dan Zulfan, BA. Sedangkan Majelis B dengan Ketua Majelis Drs. Sarnidi, S.H., M.H, Hasanuddin, S.H.I dan Achmad Fikri Oslami, S.H.I, M.H.I dengan panitera pengganti Firdaus, S.H dan Marsani Mahmud, BA dibantu 2 staff yaitu Maini dan Ja’far.

                Salah seorang warga yang diwawancarai oleh Tim IT MS Meulaboh yang bernama Muhammad Andah mengatakan bahwa dengan adanya sidang keliling yang dilaksanakan oleh MS Meulaboh ke Kecamatan Pante Ceureumen ini benar-benar membantu kami selaku masyarakat, karena kami tidak perlu jauh-jauh datang ke Meulaboh untuk bersidang, apalagi dengan kondisi perekonomian kami yang pas pasan, sehingga bisa menghemat waktu dan ongkos kami untuk bersidang, dan berharap agar sidang keliling seperti ini rutin dilaksanakan secara periodik.

(fikri oslami)

 

Terimakasih telah membaca Berita Mahkamah Syar'iyah Meulaboh - Sidang Keliling MS Meulaboh Periode ketiga dilaksanakan di Kecamatan Pante Ceuremen, Aceh Barat. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kelas 1B Palangka Raya. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti