KETUA MS MEULABOH IKUT UPACARA HARI AMAL BAKTI KEMENTERIAN AGAMA

p_20170103_093158Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Aceh Barat memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 71 yang jatuh pada hari Selasa tanggal 3 Januari 2017. Ketua Mahkamah Syar’iyah Meulaboh (Drs. Juwaini, SH., MH) bersama dengan unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Barat lainnya serta para guru, siswa dan pegawai dilingkungan Kemenag. Kabupaten Aceh Barat juga mengikuti acara tersebut yang dilaksanakan di halaman Madrasah Aliyah Negerii (MAN) Meulaboh yang terletak di Gampong Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan-Meulaboh.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, dalam rangka memeriahkan peringatan HAB tahun 2017, selain upacara,  juga diadakan berbagai perlombaan seperti MTQ, lomba baca puisi dan lain-lain yang dipertandingkan antara sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar/MI, SLTP/Tsanawiyah dan juga

p_20170103_100639-horz

Pada kesempatan Bapak Asisten I Kabupaten Aceh Barat yang menjadi inspektur upacara membacakan amanat Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin antara lain menyatakan bahwa tujuh puluh satu tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 3 Januari 1946, Pemerintah atas usul dari Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama dan mengangkat Menteri Agama yang pertama yaitu Haji Mohammad Rasjidi. Pembentukan Kementerian Agama merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara religius yang nasionalis.

Secara historis, lembaga Peradilan Agama pernah satu atap di bawah Kementerian Agama dimana waktu itu berada di bawah jajaran Dirjen Binbaga Islam (waktu itu nomenklaturnya masih Departemen Agama). Oleh karena itu lingkungan peradilan agama dan Mahkamah Syar’iyah di Aceh merasa sangat akrab dan familiar dengan lembaga Kementerian Agama hingga saat ini.

Dirgahayu Kementerian Agama ke 71, semoga terus maju dibawah motto “Ikhlas Beramal”.