Pembinaan Masyarakat Yang Berkaitan KDRT Di Aceh Barat, Ketua MS Meulaboh Narasumber

Pada hari rabu dan kamis, tgl 24 s.d 25 Juni 2020, Ketua Mahkamah Syar`iyah Meulaboh Sahril.,S.HI.,MH, menjadi Narasumber pada acara pembinaan kelompok masyarakat yang berkaitan KDRT di Aceh Barat, yang dilaksanakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kab. Aceh Barat, bertempat di Aula P2TP2A-DP3AKB Kab.Aceh Barat, dengan Peserta kegiatan terdiri dari unsur Aparat Gampong /Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kepemudaan dan  PKK  serta undangan lainnya.

Acara kegiatan itu sendiri dilaksanakan pada hari Rabu s/d kamis , dengan jadwa waktu yang telah ditentukan dan Ketua Mahkamah Syar’iyah Meulaboh yang bertindak sebagai salah satu narasumber, menyampaikan materi tentang pembinaan kelompok masyarakat yang berkaitan dengan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di wilayah kab. Aceh Barat serta Perundang-undangan Perkawinan dan Hukum Islam.

Ketua MS Meulaboh dalam paparannya, antara lain menyampaikan menyangkut tentang KDRT dimana setiap perbuatan terhadap seseorang terutama berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. Kemudian Ketua MS Meulaboh juga menyampaikan tentang Kewenangan Mahkamah Syar’iyah Meulaboh banyak hal yang  disampaikan yang kerkaitan dengan kepentingan perempuan dan anak, terutama dalam perkara perceraian dan pengasuhan anak dan begitu juga dalam penegakan hukum terkait hak-hak perempuan dan anak dalam memutus perkara dalam hal ini Mahkamah Syar’iyah Meulaboh telah mengambil peran dalam melindungi hak perempuan dan anak melalui putusan perkara di Mahkamah Syar’iyah Meulaboh. Kemudian peserta yang sangat antusias mendengarkan penyampaian dari Ketua MS Meulaboh dan dilanjutkan sesi tanya-jawab oleh para peserta yang hadir hingga acara selesai. (Tim Redaksi)