Standar Operasional Prosedur
Mahkamah Syar'iyah Meulaboh
==============================================================

SOP APP
 1.  Pengelolaan Website                                                                                                                                . Tampilkan.
 2.  Penyelesaian Perkara Tepat Waktu Tampilkan.
 3.  One Day Minutation Tampilkan.
 4.  One Day Publish Putusan Tampilkan.
 5. Layanan Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik Tampilkan.
SOP Kesekretariatan
 1.SOP-AS-01 Pelaksanaan Orientasi dan Sosialisasi Tupoksi                                                             Tampilkan. 
 2.SOP-AS-02 Pengembangan PegawaiTampilkan.
 3.SOP-AS-03 Pelaksanaan Izin dan Tugas BelajarTampilkan.
 4.SOP-AS-04 Pengelolaan pegawaiTampilkan.
 5.SOP-AS-05 Pengelolaan Kartu Pegawai, Pensiun dan BPJSTampilkan.
 6.SOP-AS-06 Absensi PegawaiTampilkan.
 7.SOP-AS-07 Pengelolaan Cuti PegawaiTampilkan.
 8.SOP-AS-08 Pengelolaan Kenaikan PangkatTampilkan.
 9.SOP-AS-09 Kenaikan Gaji BerkalaTampilkan.
 10.SOP-AS-10 Izin Perceraian dan PerkawinanTampilkan.
 11.SOP-AS-11 Pengelolaan Pensiun PegawaiTampilkan.
 12.SOP-AS-12 Pemberian Nilai Kepada Pegawai dan Pendelegasian WewenangTampilkan.
 13.SOP-AS-13 Pemberian Penghargaan kepada PegawaiTampilkan.
 14.SOP-AS-14 Penyusunan Laporan Harta Kekayaan Pegawai dan Pejabat NegaraTampilkan.
 15.SOP-AS-15 Pengelolaan Tata Naskah DinasTampilkan.
 16.SOP-AS-16 Pengelolaan Arsip Aktif dan In AktifTampilkan.
 17.SOP-AS-17 Penatausahaan AsetTampilkan.
 18.SOP-AS-18 Penatausahaan PersediaanTampilkan.
 19.SOP-AS-19 Pemeliharaan Lingkungan dan KeamananTampilkan.
 20.SOP-AS-20 Pelaksanaan Kehumasan dan KeprotokolanTampilkan.
 21.SOP-AS-21 Pengelolaan PerpustakaanTampilkan.
 22.SOP-AS-22 Pencairan AnggaranTampilkan.
 23.SOP-AS-23 Pertanggungjawaban AnggaranTampilkan.
 24.SOP-AS-24 Penatausahaan PNBPTampilkan.
 25.SOP-AS-25 Penyusunan Laporan KeuanganTampilkan.
 26.SOP-AS-26 Penyusunan Rencana Program dan AnggaranTampilkan.
 27.SOP-AS-27 Penyusunan SAKIPTampilkan.
 28.SOP-AS-28 Penyusunan Monev dan Laporan TahunanTampilkan.
 29.SOP-AS-29 Pengelolaan Teknologi InformasiTampilkan.
 30.SOP-AP-41 Penyusunan Monev dan Laporan TahunanTampilkan.
SOP Kesekretariatan
 1.SOP-AP-01 Pelayanan InformasiTampilkan.
 2.SOP-AP-02 Layanan Pos Bantuan HukumTampilkan.
 3.SOP-AP-03 Layanan Sidang diluar GedungTampilkan.
 4.SOP-AP-04 Penerimaan PerkaraTampilkan.
 5.SOP-AP-05 Pembayaran Panjar Biaya PerkaraTampilkan.
 6.SOP-AP-06 Sidang TerpaduTampilkan.
 7.SOP-AP-07 Penetapan Majelis HakimTampilkan.
 8.SOP-AP-08 Penetapan Penunjukan Panitera PenggantiTampilkan.
 9.SOP-AP-09 Penunjukan Jurusita-Jurusita PenggantiTampilkan.
 10.SOP-AP-10 Penetapan Hari SidangTampilkan.
 11.SOP-AP-11 Pemanggilan Para PihakTampilkan.
 12.SOP-AP-12 SOP Pemanggilan Tergugat Termohon yang tidak diketahui tempat tinggalnya dalam perkara perkawinanTampilkan.
 13.SOP-AP-13 SOP Pemanggilan Tergugat Termohon yang tidak diketahui tempat tinggalnya dalam perkara selain perkawinanTampilkan.
 14.SOP-AP-14 SOP Layanan Pemanggilan TergugatTermohon Yang berada di Luar NegeriTampilkan.
 15.SOP-AP-15 Permohonan Bantuan Panggilan-Pemberitahuan ke Pengadilan Agama LainTampilkan.
 16.SOP-AP-16 Panggilan-Pemberitahuan dari Pengadilan Agama LainTampilkan.
 17.SOP-AP-17 Kegiatan Persiapan PersidanganTampilkan.
 18.SOP-AP-18 Pelayanan MediasiTampilkan.
 19.SOP-AP-19 Layanan Pemanggilan SaksiTampilkan.
 20.SOP-AP-20 Pelayanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Saksi ke Pengadilan Agama LainTampilkan.
 21.SOP-AP-21 Pelayanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Saksi dari Pengadilan Agama LainTampilkan.
 22.SOP-AP-22 Pelayanan Pemeriksaan SetempatTampilkan.
 23.SOP-AP-23 Pelayanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Setempat dari Pengadilan Agama LainTampilkan.
 24.SOP-AP-24 Pelayanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Setempat ke Pengadilan Agama LainTampilkan.
 25.SOP-AP-25 SOP Layanan Tambah Biaya PanjarTampilkan.
 26.SOP-AP-26 Pelayanan Sita JaminanTampilkan.
 27.SOP-AP-27 Pelayanan Sita buntutTampilkan.
 28.SOP-AP-28 Pelayanan Sita Harta BersamaTampilkan.
 29.SOP-AP-29 Pelayanan Pemberitahuan Isi PutusanTampilkan.
 30.SOP-AP-30 Pengelolaan Uang sisa Panjar Biaya PerkaraTampilkan.
 31.SOP-AP-31 Pelayanan Penyerahan Salinan PutusanTampilkan.
 32.SOP-AP-32 Pengembalian Kutipan Akta NikahTampilkan.
 33.SOP-AP-33 Pelayanan Ikrar TalakTampilkan.
 34.SOP-AP-34 Penerbitan dan Penyerahan Akta CeraiTampilkan.
 35.SOP-AP-35 Pengiriman Salinan Putusan Yang Sudah Berkekuatan Hukum Tetap Ke KUA dan DukcapilTampilkan.
 36.SOP-AP-36 Penyerahan Produk PengadilanTampilkan.
 37.SOP-AP-37 TATA CARA PENYELESAIAN GUGATAN SEDERHANA OLEH HAKIM TUNGGALTampilkan.
 38.SOP-AP-38 Pelayanan Penerimaan Perkara Daam Eknomi Syariah Dengan Acara Sederhana Tidak Memenuhi SyaratTampilkan.
 39.SOP-AP-39 Pelayanan Keberatan Dalam Perkaya Upaha Hukum Perkara Sederhana Dalam Ekonomi Syariah Telah Melewati Batas WaktuTampilkan.
 40.SOP-AP-40 Pelayanan Pengajuan Keberatan Dalam Perkara Upaya Hukum Perkara Sederhana Dalam Ekonomi Syariah yang Memenuhi Batas WaktuTampilkan.
 41.SOP-AP-41 Pelayanan Perkara Ekonomi Syariah Memenuhi Syarat Dengan Pemeriksaan SederhanaTampilkan.
 42.SOP-AP-42 Pelayanan KasasiTampilkan.
 43.SOP-AP-43 Pelayanan Kasasi Yang Tidak Memenuhi Syarat Formal Dengan Alasan Melebihi Batas waktuTampilkan.
 44.SOP-AP-44 Pelayanan Kasasi Yang Tidak Memenuhi Syarat Formal Dengan Alasan Tidak Mengajukan Memori KasasiTampilkan.
 45.SOP-AP-45 Pelayanan Peninjauan KembaliTampilkan.
 46.SOP-AP-46 Pelayanan Prodeo Pada Tingkat PertamaTampilkan.
 47.SOP-AP-47 Pelayanan Prodeo Pada Tingkat BandingTampilkan.
 48.SOP-AP-48 Pelayanan Prodeo Pada Tingkat KasasiTampilkan.
 49.SOP-AP-49 Pelayanan Pembebasan Biaya Perkara Tingkat PertamaTampilkan.
 50.SOP-AP-50 Pelayanan Pembebasan Biaya Perkara Tingkat BandingTampilkan.
 51.SOP-AP-51 Pelayanan Pembebasan Biaya Perkara Tingkat KasasiTampilkan.
 52.SOP-AP-52 Pelayanan Permohonan Eksekusi RiilTampilkan.
 53.SOP-AP-53 Pelayanan Permohonan Eksekusi Pembayaran Sejumlah UangTampilkan.
 54.SOP-AP-54 Pelayanan Permohonan Eksekusi Selain Putusan Pengadilan Agama dengan lelangTampilkan.
 55.SOP-AP-55 Pelayanan Mohon Bantuan Eksekusi ke Pengadilan Agama LainTampilkan.
 56.SOP-AP-56 Pelayanan Mohon Bantuan Eksekusi dari Pengadilan Agama LainTampilkan.
 57.SOP-AP-57 Pelayanan Permohonan KonsinyasiTampilkan.
 58.SOP-AP-58 Pelayanan Permohonan Isbat Rukyah HilalTampilkan.
 59.SOP-AP-59 PengarsipanTampilkan.
 60.SOP-AP-60 Prosedur PelaporanTampilkan.
 61.SOP-AP-61 Prosedur PengaduanTampilkan.
 62.SOP-AP-62 Pelayanan Permohonan Perceraian dari PNS atau TNI atau PolriTampilkan.
 63.SOP-AP-63 Pelayanan Permohonan Pendaftaran Surat Kuasa KhususTampilkan.
 64.SOP-AP-64 Pelayanan Permohonan Isbat Nikah VolunterTampilkan.
 65.SOP-AP-65 Pengelolaan ATK PerkaraTampilkan.
 66.SOP-AP-66 SOP Pengelolaan Keuangan PerkaraTampilkan.
 67.SOP-AP-67 Pengelolaan Sisa PanjarTampilkan.
 68.SOP-AP-68 SOP PENERIMAAN PERKARA JINAYATTampilkan.
 69.SOP-AP-69 pemberitahuan persidangan kepada jaksaTampilkan.
 70.……………………………………………Tampilkan.
 71.SOP-AP-71 SOP DiversiTampilkan.
 72.SOP-AP-72 Penetapan Penahanan MRDTampilkan.
 73.SOP-AP-73 Perpanjangan PenahananTampilkan.
 74.SOP-AP-74 Penangguhan PenahananTampilkan.
 75.SOP-AP-75 Pelayanan BandingTampilkan.
 76.SOP-AP-76 Tambah Biaya Panjar Perkara P HUKUMTampilkan.
 77.SOP-AP-77 PERMOHONAN PENINJAUAN KEMBALI P PERMOHONANTampilkan.
 78.SOP-AP-78PEMINJAMAN-BERKAS-PERKARATampilkan.
 79.SOP-AP-79 SISTEM BARCODE DAN DIREKTORI PUTUSAN UNTUK PERKARA KASASI DAN PKTampilkan.

 

SOP Prosedur Mutu
 1. Manajemen Resiko                                                                                                                                 Tampilkan.
 2. Pengendalian DokumenTampilkan.
 3. Pengendalian ArsipTampilkan.
 4. KomunikasiTampilkan.
 5. Assesment InternalTampilkan.
 6. Tinjauan ManajemenTampilkan.
 7. Pengendalian Output tidak SesuaiTampilkan.
 8. Survey Kepuasan MasyarakatTampilkan.
 9. Tindakan PerbaikanTampilkan.
 10.  Pengendalian PeluangTampilkan.
 11.  Perubahan PerencanaanTampilkan.

PROSEDUR PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI

PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI DARURAT TERHADAP GEMPA BUMI

  1. Pejabat/pegawai penghuni lantai memberitahukan adanya gempa bumi kepada Petugas Tanggap Darurat Lantai.
  2. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada Petugas Tanggap Darurat Gedung dan Petugas Tanggap Darurat Listrik
  3. a. Petugas Tanggap Darurat Gedung membunyikan alarm atau mengumumkan adanya gempa bumi
    b. Petugas Tanggap Darurat Listrik melakukan pemutusan aliran listrik melalui panellistrik.
  4. Petugas Tanggap Darurat Lantai mengumpulkan Massa (Penghuni gedung ).
  5. a. Apabila massa dapat dikumpulkan, maka dilakukan evakuasi.
    b. Apabila massa tidak dapat dikumpulkan, maka Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan bahwa massa tidak dapat dikuasai kepada:
      – Petugas Bencana Alam
      – Petugas Tanggap Darurat Gedung.
  6. Petugas Tanggap Darurat Gedung melaporkan adanya gempa bumi kepada:
    a. Dinas Bencana Alam di Surabaya; dan
    b. Petugas Pelayanan Kesehatan
  7. Petugas Tanggap Darurat Lantai dan Petugas Tanggap Darurat Gedung melakukan koordinasi untuk evakuasi.
  8. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada seluruh penghuni ruangan untuk evakuasi melalui tangga darurat lantai atau tempat yang aman dari gempa.
  9. Petugas Tanggap Darurat Lantai mengarahkan kepada seluruh penghuni ruangan untuk berjalan secara tertib, tidak berlari, tidak menggunakan lift, dan berbaris secara teratur untuk menuju ke tempat aman yang telah ditentukan (assembly point).
  10. Petugas Tanggap Darurat Lantai melaksanakan absensi untuk mengetahui orang-orang yang turun bersamanya.
  11. Petugas Pelayanan Kesehatan melaksanakan Triage (pemilahan kondisi kesehatan pejabat/pegawai yang dievakuasi) berdasarkan kondisi kesehatan korban dan memberikan pertolongan kesehatan.
  12. Koordinator Tanggap Darurat memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung tentang situasi keamanan gedung.

PERINGATAN DINI DAN EVAKUASI DARURAT TERHADAP KEBAKARAN

  1. Pejabat/pegawai penghuni lantai memberitahukan adanya sumber api kepada Petugas Tanggap Darurat Lantai.
  2. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada Petugas Tanggap Darurat Gedung dan Petugas Tanggap Darurat Listrik.
  3. a. Petugas Tanggap Darurat Gedung membunyikan alarm atau mengumumkan adanya kebakaran
    b. Petugas Tanggap Darurat Listrik melakukan pemutusan aliran listrik melalui panel listrik.
  4. Petugas Tanggap Darurat Lantai memadamkan sumber api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).
  5. a. Apabila sumber api dapat dipadamkan, maka dilakukan evaluasi atas timbulnya sumber api (tidak dilakukan evakuasi).
    b. Apabila sumber api tidak dapat dipadamkan, maka Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan bahwa api tidak dapat dikuasai kepada:
          – seluruh penghuni ruangan untuk berkumpul di lobby tangga darurat; dan
          – Petugas Tanggap Darurat Gedung.
  6. Petugas Tanggap Darurat Gedung melaporkan adanya kebakaran kepada:
    Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya; dan
    b. Petugas Pelayanan Kesehatan.
  7. Petugas Tanggap Darurat Lantai dan Petugas Tanggap Darurat Gedung melakukan koordinasi untuk evakuasi.
  8. Petugas Tanggap Darurat Lantai memberitahukan kepada seluruh penghuni ruangan untuk evakuasi melalui tangga darurat lantai.
  9. Petugas Tanggap Darurat Lantai mengarahkan kepada seluruh penghuni ruangan untuk berjalan secara tertib, tidak berlari, tidak menggunakan lift, dan berbaris secara teraturuntuk menuju ke tempat aman yang telah ditentukan (assembly point).
  10. Petugas Tanggap Darurat Lantai melaksanakan absensi untuk mengetahui orang-orang yang turun bersamanya.
  11. Petugas Pelayanan Kesehatan melaksanakan Triage (pemilahan kondisi kesehatan pejabat/pegawai yang dievakuasi) berdasarkan kondisi kesehatan korban danmemberikan pertolongan kesehatan.
  12. Koordinator Tanggap Darurat memberitahukan kepada seluruh penghuni gedung tentang situasi keamanan gedung.